Search

Home » , » Cara Membuat Autotext BlackBerry Di Android

Cara Membuat Autotext BlackBerry Di Android

Sudah lama nih saya tidak posting seputar tutorial Android diblog ini, nah dari dulu sebetulnya ingin sekali share tentang cara mudah membuat autotext BB di Android namun terus saja lupa, mungpung ingat walaupun trik ini dikatakan 'baheula' alias jadul tapi saya yakin ada sebagian pengguna Android yang butuh informasi ini. Bagi yang sudah master atau mastah dilewat aja dulu. Salah satu daya tarik BlackBerry selain BBM adalah fungsi auotext-nya. Tidak lengkap rasanya bagi pengguna BB kalau SMS-an atau BBM-an tidak memasukan fitur ini. Apa itu autotext? yaitu sekumpulan karakter yang bisa menghasilkan sebuah kata atau emoticon menarik, unyu, atau kreatif. Masih bingung, pernah baca SMS tulisannya seperti ini : °º ° =))Hªªhªªhªªhªª ° °º °~=) ) •• °wk .wk. wk° ••=) )~ ° (*·_ ·)??* ( ^ ^)Y ?Y (^^ ) « ßë ®ight ß @©K », nah itulah autotext!

Nah sekarang bagaimana caranya supaya autotext milik BlackBerry tadi hinggap di handset Android anda. Langkahnya gampang saja, pertama anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang nantinya kita perlukan yaitu aplikasi Smart Keyboard Pro dan data autotext-nya. Nah semuanya sudah saya persiapkan silahkan download dulu disini, passwordnya : android-gratiss.blogspot. Setelah berhasil diunduh, silahkan ekstrak, selain file Smart Keyboard PRO (4.5.0).apk yang harus anda install terlebih dahulu, anda juga akan menemukan dua folder bernama backup1 dan backup2, nah didalam folder backup inilah isi data auotext yang harus anda copykan ke sdcard. Pilih salah satu saja, cari yang zip paling besar kapasitasnya pindahkan ke sdcard:smartkeyboardpro, bila folder tersebut belum ada, think smart! bikin sendiri samakan tulisannya.

Sekarang bagaimana cara setting autotext tersebut supaya bisa dijalankan di Android, langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Smart Keyboard Pro yang sudah diinstall, setelah Terbuka pilih Setting.
  • Nah pada setelan keyboard/keyboard Setting, centang pilihan Smart Keyboard Pro, nanti akan keluar sebuah peringatan. Klik OK.
  • Setelah itu pilih menu Smart Keyboard Pro
  • Untuk mendapatkan AutoText yang tadi sudah didownload, kalian slide kebawah, terus pilih menu Backup Setting
  • Setelah masuk, pilih "Restore from SD card"
  • Nanti akan ada peringatan bahwa kalian akan mengembalikan settingan dan AutoTextnya, ini bakalan "menimpa/replace" pengaturan sekarang, tapi karena baru menginstall, klik aja OK.
  • Selanjutnya kita akan mengatur autotext yang sudah kita restore tadi caranya ada di option "text prediction" Lalu cari menu "Custom AutoText"
  • Nah disana terlihat AutoText yang tadi sudah di Restore, disebelah kiri itu kata katanya, disebelah kanan itu kata-kata penggantinya. Kita juga bisa memanipulasi autotext tersebut seperti memasukan yang baru dengan memilih "Add", mengedit pilih "Edit" atau menghapus pilih "Remove.
  • Masih di Text Prediction, silahkan konfigurasikan menjadi seperti ini : Auto-capitalization: on, Quick fix: off (agar tidak otomatis terganti begitu mengetik), Show suggestion: on, Autocomplete: off (agar tidak mengganggu (otomatis ganti kata) begitu spasi), Swap punctuation : off, Space after picking : off, Contact Dictionary : on/off (optional, jika ingin suggestion ambil dari nama kontak di hp), Always suggest: on (agar muncul suggestionnya apa begitu mengetikkan sesuatu).

Masih bingung, intip gambar dibawah ini :

 

Sekarang bagaimana cara menggunakan Autotext BB tersebut di Android anda, langkahnya sebagai berikut :


  • Ubah terlebih dahulu metode yang digunakan dalam penginputan, caranya, buat pesan baru, lalu touch yang lama di text field nya, nanti akan muncul menu "edit text", pilih "select input method" dan pilih "Smart Keyboard Pro".
  • Apabila anda menemukan font BB-nya kotak-kotak itu berarti font anda tidak support, solusinya bisa mengikuti tutorial Android saya sebelumnya berjudul cara merubah font Android tanpa root atau cara merubah font/huruf Android dengan root.
Share this article :

Blogger templates

Are you looking for "فيديو ، يوتيوب ، فيديوهات ، مقاطع ، افلام ، فلم ، مقطع ، قناة ، مسلسل ، مسلسلات"? Check out videoo The passionate experts in this field are ready to answer all of your requests.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. funsday - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger