Search

Home » » sharing RPP TIK SMP Kelas VII

sharing RPP TIK SMP Kelas VII

are to share the goods that require no time
halah....sok inggris,padahal cuman pake google translate,ke...ke....
buat yang sedang cari RPP-SILABUS TIK SMP nggak usah download,tinggla copy paste saja RPP TIK SMP Kelas VII disini,pokoknya Enjoy and Funs With Funsday

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MTs : Miftahul Ulum Sumbarang
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : 1. Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
2. Menjelaskan fungsi beberapa peralatan teknologi informasi dan komunikasi
3. Menyebutkan beberapa contoh teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat
4. Menjelaskan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di masyarakat

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (2 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
• mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan tepat
• mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi teknologi informasi
• mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi elektronika
• Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
o menjelaskan pengertian dan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
• Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
o menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
o menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL (Cooperative Teaching and Learning)
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Memberika motivasi pentingnya TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi komputer sekolah.
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi
• Memberika motivasi pentingnya TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Menunjukkan alat-alat penunjang yang digunakan dalam TIK
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, multi media dll), lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1.Teknik
Observasi, Tes Tertulis dan Penugasan
2.Bentuk Instrumen
Lembar Observasi, Tes Uraian, Tugas Individu
3.Soal/Instrumen
Tes uraian
@ Jelaskan fungsi dari 3 buah peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi!
@ Sebutkan fungsi dari 2 macam peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada di masyarakat !

Tugas Individu
@ Sebutkan 2 (dua) contoh perangkat TIK yang berkembang sangat cepat saat ini.

Lembar Observasi
No Aspek yang dinilai Skala kuantitatif Nilai =
4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Menunjukan alat input √
2 Menunjukan alat pemerosesan data √
3 Menunjukan alat output √
4 Menunjukan alat trasfer data √
Jumlah 8 3 2 -

Nilai = Jumlah Skor Perolehan x 100 = 13 x 100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16


Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul

Sumbarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK



NIP. ..................













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Indikator : 1.2.1. Menjelaskan dampak perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi
1.2.2. Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIKdari yang bersifat tradisional sampai modern
1.2.3. Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari generasi pertama sampai terakhir (terbaru)
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
• Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
• Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
• Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
• Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya

B. Materi Pembelajaran
a. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
b. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
c. Sejarah tentang perkembangan informasi
d. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
• Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
• Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik dari generasi pertama sampai generasi terakhir
3. Kegiatan Penutup
• Mengerjakan lembar kerja

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
Penugasan

2. Bentuk Instrumen
Uraian, Tugas proyek, Tugas Individu

3. Soal/Instrumen
Uraian
Jelaskan sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai terbaru

Tugas proyek
@ Sebutkan alat-alat informasi dan komunikasi dari trandisional sampai moderen!

Tugas Individu
Buatlah laporan tentang keuntungan dan kerugian perkembangan perangkat TI

Sumbarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari – hari.
Indikator : 1.3.1. Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.
1.3.2. Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.3. Menjelaskan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
• Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.
• Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan tentang pentingnya peranan teknologi informasi dan komunikasi.

B. Materi Pembelajaran
Peran teknologi informasi dan komunikasi
• Bidang teknologi telekomunikasi
• Bidang teknologi informasi
Peranan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mengamati peranan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lingkungan sekitar kita.
• Melakukan studi pustaka untuk mengetahui peranan teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingat kembali materi pembelajaran yang sudah disampaikan.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mendemonstrasikan TIK didalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan peran teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
a. Tehnik
Tes tertulis, Penugasan

b. Bentuk Instrumen
Uraian, Tugas Individu

c. Soal/Instrumen
Uraian
a. Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan yang ada di sekitarmu !
b. Jelaskan pentingnya perananan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !


Tugas Individu
@ Buatlah sebuah paparan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !



Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
Kompetensi Dasar : 1.4 Mengidentifikasikan berbagai keuntungan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : 1.4.1. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
1.4.2. Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
• Mengidenifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat TIK di bidang telekomunikasi
• Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat TIK di bidang teknologi informasi
• Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk TIK di bidang telekomunikasi
• Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk TIK di bidang teknologi informasi

B. Materi Pembelajaran
1. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi

2. Produk TIK
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang informasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mencari berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mencari beberapa keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan manfaat secara langsung
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen
Uraian
a. Jelaskan keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi?
b. Jelaskanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi !






Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.5 Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
Indikator : 1.5.1 Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
1.5.2 Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari berbagai bidang dalam kehidupan sehari – hari.
1.5.3 Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
• Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
• Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
• Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
• Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .

B. Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
• Bidang telekomunikasi
• Bidang teknologi informasi
• Bidang Elektronika

Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
• Bidang telekomunikasi
• Bidang teknologi dan informasi.
• Bidang Elektronika.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok .
• Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
• Melakukan studi pustaka untuk mengetahui dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingat kembali materi pembelajaran yang sudah disampaikan.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti
• Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. dari berbagai bidang dalam kehidupan sehari –hari yang ada di lingkungan sekitar kita.

• Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.

a. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
• Menarik kesimpulan tentang dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan produk-produknya.

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.



F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen
Uraian
a. Jelaskan beberapa dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dari VCD dan DVD Player !
b. Jelaskan dampak negatif penayangan iklan di TV !
c. Jelaskan dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di lihat dari produk yang di hasilkan !



Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Indikator : 2.1.1. Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
2.1.2. Melakukan proses ”cold boot”
2.1.3 Melakukan proses ”warm boot”melalui keyboard
2.1.4 Melakukan proses ”Warm boot”melalui CPU
2.1.5 Melakukan proses ”Warm boot”melalui start menu
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik dapat :
• menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
• menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
• menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
• mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar

B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
• Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
• Menyampaikan tujuan pembelajaran


2. Kegiatan Inti
• Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
• Mendemontrasikan proses cold boot dengan langkah secara tepat dan benar
• Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian
a. Tehnik
Observasi, Unjuk Kerja

b. Bentuk Instrumen
Lembar Observasi, Uji Prosedur

c. Soal/Instrumen :
Uji Prosedur
1. Aktifkanlah komputer melalui proses “Cold Boot” !
2. Aktifkanlah komputer melalui proses “ Warm Boot” !
3. Amatilah booting tersebut dari proses “Warm Boot” melalui CPU !
4. Amatilah booting tersebut dari proses “Warm Boot” melalui start menu !


Lembar Observasi
No Instrumen Skala kwantatif Nilai =
5 4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Tombol power listrik
2 Tombol stavol / stabilizer
3 Tombol monitor
4 Tombol Power CPU
Jumlah
Total jumlah



No Instrumen Skala kwantitif Nilai =
5 4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
A Menghidupkan komputer ( Cold boot)
1 Mengecek aliran listrik/Menghidupkan monitor
2 Mengecek disk drive A dalam keadaan kosong atau berisi
3 Menekan tombol power dan menunggu layar utama Window muncul
B Proses warm boot
4 Menggunakan key board
5 Mengunakan tombol yang ada pada CPU
Jumlah
Total jumlah

Catatan:
SP = Skor Perolehan Smax = Skor Maksimal=25




Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK





NIP. ..................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal dasar operasi komputer
Kompetensi Dasar : 2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
Indikator : 2.2.1 Menjelaskan cara mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
2.2.2 Mematikan komputer menggunakan fungsi mouse
2.2.3 Mematikan komputer menggunakan fungsi keyboard
Alokasi Waktu : 1 x pertemua ( 2 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
• menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
• menjelaskan 4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
• mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
• mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )

B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
• Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
• Menyampaikan tujuan pembelajaran



2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok untuk praktek.
• Mengamati layar utama Windows komputer
• Menunjukkan tombol dan fungsinya untuk proses mematikan komputer
• Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse
• Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian
1.Tehnik
Tes tertulis, Tes Unjuk Kerja

2.Bentuk Instrumen
Uraian, Uji prosedur

3.Soal/Instrumen
Uraian
@Jelaskanlah langkah-langkah mematikan komputer sesuai dengan prosedur !

Uji prosedur
No Instrumen Skala kwantatif Nilai =
4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Mematikan komputer menggunakan mouse
2 Mematikan komputer menggunakan keyboard
Jumlah
Total jumlah

Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK



NIP. ..................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar : 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis.
Indikator : 2.3.1. Menggunakan sistem operasi
2.3.2. Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder.
2.3.3 Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder.
2.3.4. Memasukkan file-file ke dalam satu folder.
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
• Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
• Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
• Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
• Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
• Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.

B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
• Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
• Pemberian tugas.


Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
• Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui menubar.
• Mendemonstrasikan langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
• Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder yang baru dibuat

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
• Pemberian tugas.

Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.




E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Referensi

F. Penilaian
1. Tehnik
Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
Uji prosedur

3. Soal/Instrumen
Uji Prosedur
a. Demonstrasikanlah cara mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon (lembar uji prosedur) !
b. Demonstrasikanlah cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start untuk mengelola file (lembar uji prosedur) !
c. Demonstrasikanlah cara mengaktifkan windows explorer untuk mengola folder (lembar uji prosedur) !
d. Demonstrasikanlah cara menyatukan file-file dengan cara draging (lembar uji prosedur) !


No Instrumen Penilaian
Skor max Skor perolehan
1. Mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon 2
2. Mengaktifkan windows explorer melalui tombol start 2
3. Membuat folder baru melalui menubar 4
4. Menyatukan file-file ke dalam satu folder 2
Jumlah 10
Nilai = x 100





Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.
Indikator : 3.1.1 Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
3.1.2 Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
3.1.3 Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
3.1.4 Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.
- menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan

B. Materi Pembelajaran
Perangkat keras ( Hardware )
• Alat input
• Alat proses
• Alat output
• Media penyimpan

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
• Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input
• Mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses
• Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang perangkat keras.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Peserta didik melihat media tentang perangkat keras
• Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
• Peserta didik mengamati perangkat keras yang berfungsi sebagai alat penyimpan
• Peserta didik mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras.

E. Sumber Belajar
Seperangkat komputer, buku petunjuk praktek, LKS.

F. Penilaian
1. Tehnik
Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
Tes identifikasi

3. Soal/Instrumen
Tes Identifikasi
a. Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat input!
b. Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat proses!
c. Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai alat output!
d. Tunjukkanlah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpan!





Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.2.Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
Indikator : 3.2.1 Menunjukan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
3.2.2 Menunjukan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
3.2.3 Mengidentifikasi perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
3.2.4 Menunjukan perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi-media
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah kata dengan tepat.
• Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah angka dengan tepat.
• Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah grafis dengan tepat.
• Dihadapkan dengan seperangkat komputer, peserta didik dapat menunjukkan perangkat lunak program aplikasi bebasis pengolah presntasi/multimedia dengan tepat.

B. Materi Pembelajaran
Perangkat lunak aplikasi (Application Software)

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning


D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata.
• Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah angka.
• Mengerjakan lembar kerja.


3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah kata dan pengolah angka.


Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis.
• Melihat media tentang perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak berbasis program aplikasi pengolah grafis dan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximile, multi media dll.), buku petunjuk praktek, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1.Tehnik
Unjuk kerja

2.Bentuk Instrumen
Tes identifikasi



3.Soal/Instrumen
a. Tunjukkanlah program aplikasi berbasis pengolah kata yang teristal di komputer!
b. Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka yang terinstal di komputer!
c. Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis yang terinstal di komputer!
d. Tunjukkanlah perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/multi media yang ternistal di komputer!


Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK





NIP. ..................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.3 Memahami kegunaan dari beberapa program
aplikasi
Indikator : 3.3.1 Menjelaskan secara tertulis berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
3.3.2 Menjelaskan secara tertulis berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
3.3.3 Menjelaskan secara tertulis berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah grafis
3.3.4 Menjelaskan secara tertulis berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/ multimedia

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
• Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dengan tepat dan benar
• Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka dengan tepat dan benar
• Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis dengan tepat dan benar
• Disajikan seperangkat komputer di ruangan Lab.Komputer, ditayangkan beberapa contoh program aplikasi, peserta didik dapat menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/multimedia

B. Materi Pembelajaran
Kegunaan program aplikasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah kata.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi berbasis pengolah angka
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah kata .
• Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah angka.
• Peserta didik mendiskusikan hasil tayangan tersebut
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang kegunaan beberapa program aplikasi pengolah kata dan program aplikasi pengolah angka.
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah grafis.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah grafis.
• Mengamati tayangan beberapa contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah grafis.
• Peserta didik mendiskusikan hasil tampilan perangkat lunak aplikasi pengolah presentasi / multimedia.
• Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah grafis pada tampilan monitor.
• Peserta didik menyebutkan nama dan contoh program aplikasi pengolah presentasi / multimedia pada tampilan monitor.
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen
a. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah kata !
b. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah angka !
c. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah grafis !
d. Jelaskan kegunaan program aplikasi presentasi/multimedia !




Semarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK




NIP. ..................








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/ MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 3. Mempraktikkan keterampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar : 3.4. Mempraktikkan satu program aplikasi.
Indikator : 3.4.1. Menunjukkan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop.
3.4.2. Mempraktikkan satu program aplikasi.
Alokasi Waktu : 5 x pertemuan (10 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada taskbar dengan tepat.
• Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi menu pada desktop dengan tepat.
• Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar dengan tepat.
• Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop dengan tepat.
• Disediakan sebuah komputer yang sudah aktif, peserta didik dapat mempraktikkan satu program aplikasi.

B. Materi Pembelajaran
Menu dan shortcut program aplikasi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Model CTL dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kembali pembelajaran sebelumnya tentang kegunaan program aplikasi.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik mementuk kelompok
• Mengidentifikasi menu pada taskbar.
• Mengidentifikasi menu pada desktop
• Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada taskbar
• Mengidentifikasi shortcut program aplikasi pada desktop
• Mengerjakan lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran menu dan shortcut program aplikasi.

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang kegunaan program aplikasi.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik mementuk kelompok
• Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
• Mengakhiri penggunaan program
• Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui menu pada taksbar.

Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada taskbar.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik mementuk kelompok
• Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengaktifkan satu program aplikasi melalui menu pada desktop.
• Mengakhiri penggunaan program
• Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui menu pada desktop.


Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
• Peserta didik mementuk kelompok
• Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui shortcut pada taskbar.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengaktifkan satu program aplikasi melalui shortcut pada taskbar.
• Mengakhiri penggunaan program
• Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui shortcut pada taksbar.

Pertemuan kelima
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kembali pembelaaran sebelumnya tentang mengaktifkan satu program aplikasi melalui shortcut pada desktop.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok
• Mengaktifkan komputer dengan prosedur yang benar.
• Mengaktifkan satu program aplikasi melalui shortcut pada desktop.
• Mengakhiri penggunaan program
• Mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran praktik membuka satu program aplikasi melalui shortcut pada desktop.

B. Sumber Belajar
Perangkat komputer
Buku paket
Lembar kerja peserta didik

F. Penilaian
1. Tehnik
Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
Tes Identifikasi

3. Soal/Instrumen
Tes Identifikasi
a. Tunjukkan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar. !
b. Tunjukkan menu dan shortcut program aplikasi pada desktop !
c. Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall dikomputer melalui taskbar !
d. Aktifkanlah salah satu program aplikasi yang terinstall dikomputer melalui desktop !





Sumbarang, ...........................
Guru Mata Pelajaran TIK





NIP. ..................






+
Share this article :

Blogger templates

Are you looking for "فيديو ، يوتيوب ، فيديوهات ، مقاطع ، افلام ، فلم ، مقطع ، قناة ، مسلسل ، مسلسلات"? Check out videoo The passionate experts in this field are ready to answer all of your requests.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. funsday - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger